Sekilas Amar Ma’ruf Nahi Munkar

amar ma’ruf-nahi munkar mensyaratkan sikap ramah, lembut dan jauh dari kekerasan dan arogansi.sikap inilah yg mempercepat mudahnya kebenaran yg hendak disampaikan diterima oleh orang banyak.kelembutan dalam kebenaran akan memperelok wajah kebenaran itu. kebengisan dalam kebenaran justru mencoreng kebenaran itu sendiri.Allah pun bertaruh, jika Nabi saw keras dan kasar kepada orang-orang yang tidak sefaham dengannya pastilah beliau akan ditinggal pergi dan islam tak akan laku di masyarakat arab kala itu. namun krn rahmat Allah Nabi menjadi manusia yang paling lembut terhadap mereka.
kemudian Allah berpesan dlm surat 3:105,janganlah kita umat islam seperti orang yahudi dan nasrani yg berpecah belah dan berselisih.karena perpecahan dan perselisihan pasti akan menjadikan kita tersiksa.bumi terasa sempit.kemana kita pergi seolah ada saja yg tidak sependapat dg kita.di mana kita berpijak selalu kita menjadi paranoid,memegang senjata,mempersiapkan bom,menuding orang lain bid’ah dan sesat.itulah siksaan utk orang yg gemar brselisih dan berpecah-belah.tentunya kita tidak mau kondisi ini menyerang kejiwaan kita dan mrampas kewarasan kita.
jika ada yg tidak sepemikiran dg amaliah yg sudah lama kita warisi dari orang terdahulu,monggo.selisih pendapat dan beda pemikiran jangan menjadikan perpecahan yang ujungnya kehancuran kita sendiri.
kadang perselisihan pendapat membuat kita seperti perahu kecil yg terombang-ambing di lautan luas.di saat seperti ini yg kita jadikan pedoman adlh al qur’an,sunnah,dan membuang jauh segala penyimpangan yang nyata serta menjauhkan aksi memperturutkan ego pribadi maupun kelompok.
umat islam kini telah terpecah menjadi 73 kelompok sebagaimana prediksi Nabi.dari semua kelompok yg selamat hanya satu,yaitu kelompok yg mengamalkan sunnah nabi dan perilaku sahabat-sahabat, tabiin dan salaf sholeh.hingga kini mereka masih menjadi kelompok terbesar.jelaslah kiranya,keselamatan hanya dapat diraih bersama dengan kelompok terbesar dari umat ini. bukan kelompok sempalan yg mengklaim dirinya paling benar.

Jakarta 180410

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s