Seorang Muslim Tidak Dijamin Dalam Tiga Bisikan Hati

Salam. Bismillah.

Jika anda bukan muslim maka mungkin ada bisa sedikit bernafaslega. Namun jika anda muslim, mengaku umat Rosulullah, maka ikatlah pingganganda semakin keras dan nafas di dada harusnya agak tersekat melihat kenyataanini; Bahwa seorang muslim tidak dijaminselamat dari tiga bisikan hati, yaitu prasangka, iri dengki, dan firasat buruk.
Adakah di atara kita yang bebas dari prasangka terhadap oranglain mana kala orang itu melakukan suatu tindakan? Jawabannya tidak ada.Apalagi tindakan itu mengarah kepada kita dan mengancam keselamatan kita dalamrealitas yang memang penuh kebohongan dan menuntut kecurigaan. Jangankan dalamkondisi demikian, dalam kondisi tindakan orang tadi baik dan tidak mengganggukeselamatan saja kita bisa berprasangka. Ada motif apa di balik tindakan itu,misalnya suatu Tanya terbesit di hati.
Atau apakah ada yang terbebas dari iri dengki melihat oranglain lebih dari kita? Jawabannya mungkin ada dan itu hanya sedikit kalangan.Iri adalah manusiawi. Namun kemanusiaan bisa terjerumus ke lembah kebinatanganjikalau sang manusia menuruti segala hal yang manusiawi secara berlebihan.
Atau mungkin ada yang sama sekali bebas dari firasat burukyang bisa saja datang tiba-tiba tanpa tanda sebelumnya? Jawabannya, kembalitidak ada. Firasat buruk adalah pemberian Cuma-Cuma seperti inspirasi yangterkadang datang tak menentu atau datang dengan jalan melatih ketajaman batin.
Lalu bagaimana solusinya? Masalah di atas dilontarkan Rosulullahkepada para sahabatnya. Maka Rosulullah memberikan solusi untuk ketiga masalahdi atas.
“Jika engkau berprasangka, maka jangan engkau anggap benarprasangkamu. Jika engkau iri, maka jangan sampai berbuat aniaya kepadasiapapun. Jika engkau berfirasat buruk, maka biarkan lewat dengan senantiasaberpegangteguh (tawakkal) kepada Allah.”
Semoga dalam penempuhan ini Allah menggenggam hati kitadengan Keamanan-Nya.

Salam.

Jakarta, 180810

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s