Selamat Ramadhan

Salam. Bismillah.
Pelajaran Para Penempuh bukan tidak ingin mengucapkan selamatdi awal Ramadhan. Namun lebih dari sekedar ucap, kami berharap dapat menjadikanRamadhan sebagai kasih untuk semua orang tanpa mengkhususkan muslim saja. Seluruhelemen bangsa ini semoga dapat merasakanbetapa syahdunya Ramadhan dan betapa bersahajanya pribadi yang ditempa atausiap ditempa Ramadhan, yakni pribadi yang memikirkan hal terbaik yang bisa ialakukan hari ini tanpa bertanya dan berharap timbal balik yang akan ia dapatkanesok hari. Pribadi yang diberikan keikhlasan oleh Tuhan. Pribadi yang berjalansyahdu dan bersahaja, tidak terlalu ke kanan dan tidak terlalu ke kiri. Ia adadi tangah-tengah. Moderat.

“Sebaik-baik perkara adalah tengah-tengahnya (moderat),”demikian sabda Rosulullah saw. Tidak ekstrim dalam menjalani keseharian. Sayajadi teringat dawuh Kyai Mustofa Bisri yang sederhana namun penuh kebenaran.Dawuh beliau, “Konon ada dua cara syetan menggoda manusia. Pertama menggodanyaagar tidak melakukan perintah Tuhan. Kedua menggodanya untuk melakukannyadengan cara yang berlebihan.”
Semoga kita tergolong orang-orang ‘tengah’ dalam penempuhanini dan terhindar dari berlebihan dalam memandang kebaikan yang telah kitaperbuat.

Salam.

Jakarta, 180810

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s