Penyebab Takabbur

Di antara tiga penyakit hati akut yang bisa mengundangpenyakit hati lainnya masuk adalah bangganya seseorang terhadap diri sendiri(ujub). Ia terlalu tinggi menghargai diri sendiri. Seseorang yang terlalu tinggimenghargai diri sendiri dengan kebanggaan semu akan terjebak dalam sifattakabbur (sombong). Yaitu merasa besar dan berimbas pada sikap menganggap oranglain kecil. Orang yang takabbur mudah meremehkan orang lain. Dan sikap inilagi-lagi karena kondisi hati yang bangga dengan diri sendiri.
Syaikh Muhammad Nawawi Albantani menyebutkan tujuh perkarayang dapat menyebabkan seseorang menjadi takabbur. Hendaklah kita berhati-hatiterhadap perkara-perkara ini.
Pertama, ilmu atau pengetahuan yang dapat berupa kepandaian,gelar ustadz, guru dan lain-lainnya.
Kedua, amal dan ibadah yang dapat berupa aktivitas duniawiatau ukhrawi, dan dapat berupa ibadah sholat, puasa, shodaqoh yang meluludihitung dan dibanggakan.
Ketiga, nasab atau keturunan. Ningrat, darah biru, keturunanpresiden, kyai, semua berpotensi untuk dibanggakan.
Keempat, kecantikan atau ketampanan. Kita semua tau keindahanfisik adalah hal paling mudah (atau bahkan paling recehan) yang dapatdibanggakan.
Kelima, harta kekayaan. Tentu semua kita tau kisah Qarunsalah seorang umat Nabi Musa AS.
Keenam, kekuatan atau power. Ini bisa berupa kekuatan fisikmaupun non fisik seperti kekuasaan politis dan yuridis atau lainnya.
Ketujuh, banyaknya pengikut, murid, fans, atau lainnya.Menjadi idol, baik idol duniawi maupun yang tampak agamis juga berpotensi untukdibanggakan.
Ketujuh perkara di atas amat berpotensi untuk dibanggakan.Kebanggaan yang berlanjut pada kesombongan yang pada gilirannya menjadi sikapmeremehkan manusia atau orang lain, itulah takabbur. Padahal Tuhan amatmemuliakan manusia dan di waktu yang sama seorang yang takabbur justrumeremehkan makhluk ciptaan-Nya.
Mudah-mudahan kita terjaga dari sifat takabbur.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s